Kang Fajrin Logo

Orang Paling Ganteng di Sheffield

October 11, 2024 (1y ago)

Dulu saya sempat bikin tulisan tentang sebuah eksperimen agar saya bisa mejeng di tingkat teratas untuk kata kunci orang paling ganteng di Garut. Tentu salah satu tujuannya untuk lucu-lucuan. Nah, tulisan ini sebenarnya adalah eksperimen lanjutan, bagaimana agar saya, Kang Fajrin, bisa muncul di tingkat teratas pencarian untuk kata kunci orang paling ganteng di Sheffield, tempat saya sekarang tinggal. Apabila saya bisa membuat foto saya sendiri muncul paling atas untuk kata kunci ini, berarti saya pun bisa membuat kata kunci lain yang serupa bisa muncul paling atas; misal, jika Anda punya produk cimol dengan merk Chewymol, saya bisa membuat produk Chewymol milik Anda itu muncul paling atas untuk kata kunci Cimol Paling Enak di Garut atau di Sheffield.

Tentu saya sadar, Kang Fajrin itu bukan orang paling ganteng di Sheffield; tapi juga disanalah kuncinya. Produk Chewymol Anda juga mungkin bukan produk cimol paling enak di Sheffield, tapi bukan berarti produk Anda itu tidak bisa menduduki kasta tertinggi, setidaknya di halaman pertama, untuk pencarian dengan kata kunci cimol paling enak di Sheffield.

Sayangnya memang, jika eksperimen ini berhasil, saya seakan mengamini hipotesis yang selama ini saya cari bukti kebenarannya, yaitu bahwa dunia marketing adalah dunia yang penuh tipu daya; terutama ya marketing online ini, yang sangat terbatas pada algoritma-algoritma. Anda juga mungkin dapat tertarik pada dunia tipu daya ini, sehingga alih-alih menginvestasikan sumber daya anda untuk membuat dan mengembangkan produk Anda menjadi produk paling oke, Anda dapat terjerumus malah menginvestasikannya untuk memilih mengakali algoritma-algoritma tersebut untuk menjadi seorang yang penuh tipu daya.

Jika Anda punya resource yang banyak, tentu Anda bisa melakukan keduanya, mengembangkan produk yang bagus, sekaligus juga membuat pemasaran online yang bagus dan masif. Karena itu pula, saya merasa agak iri kepada orang-orang yang punya privilege tersebut. Saya sendiri seringkali memulai usaha dengan keadaan sumber daya sangat terbatas, sehingga jika sumber daya saya dialokasikan untuk satu hal, tidak ada untuk hal lain, sementara keduanya sangat krusial. Yah, tapi itu bukan berarti saya hanya mengeluh dan berhenti. Saya menulis ini pun adalah bukti bahwa saya tumbuh dan berkembang... mungkin...

Usaha-usaha Milik Orang Paling Ganteng di Sheffield

Saya sempat membuat usaha saya, Jelajah Garut, menduduki peringkat tertinggi pencarian gugel untuk kata kunci Rental Tenda Terbesar di Garut, Anda bisa coba sendiri. Tapi untuk bisa secara moral mengklaim usaha sendiri sebagai yang terbesar di Garut, saya berkeliling Garut melihat kompetitor-kompetitor saya yang lain. Sehingga saya bisa sampai pada kesimpulan bahwa Rental Alat Outdoor Jelajah Garut memang yang terbesar di Garut, dengan saya, yang katanya orang paling ganteng di Sheffield, sebagai dalangnya.

Saya tidak mau menulis artikel tentang brand yang lain, misal Garut Kulit yang sempat juga saya bantu operasionalnya, sebagai produk kerajinan kulit paling bagus di Garut. Mungkin bisa, tapi untuk memiliki arogansi tersebut saya harus memastikan bahwa Garut Kulit memang produk kerajinan kulit paling bagus di Garut. Kalau kopi paling soleh ya bolehlah, sebagai gimik lucu-lucuan kopi yang berasal dari balik dinding pesantren. (kalau mau beli kopi 76 bisa lewat Shopee Garut Kulit atau Zalora Garut Kulit, atau Anda bisa kunjungi websitenya di link ini)

Selain Kang Fajrin sebagai orang paling ganteng di Garut, dan orang paling ganteng di Sheffield, saya juga ingin mencoba membuat produk teman saya, teh Mia, cimol Chewymol agar bisa mejeng di page paling atas untuk kata kunci cimol paling enak di Garut. Yah, karena teh Mia itu teman saya, tentu saja. Jika Anda ingin meminta jasa yang sama dari saya, ya tentu saya akan memberikan tarif. Ya, tidak gratis, tentu saja. Walau saya juga belum menentukan tarifnya berapa.

Nah, tentu proses ini akan memakan waktu. Tidak mungkin saya mengunggah artikel sekarang dan besok tiba-tiba sudah mejeng di halaman pertama, kecuali saya unggah artikelnya di headline media online besar kayak detik, tempo, cnn, dan teman-temannya. Akan sangat bombastis jika saya sebagai orang paling ganteng di Garut masuk media nasional macam itu, sehingga mungkin bisa muncul di halaman pertama untuk kategori berita, tapi yah mungkin hanya dalam mimpi.

Saya, Kang Fajrin, waktu dulu itu sedang ngeguide konsumennya Jelajah Garut ke Gunung Papandayan. Untuk jadi yang paling ganteng di Garut, saya juga mesti jadi yang paling ganteng di Gunung Papandayan.

SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat)

Jika kompetisi terhadap predikat saya ini digoyah oleh orang lain yang ingin merebut singgasana saya dengan melancarkan trik-trik optimisasi pencarian yang lebih mutakhir, Kang Fajrin bisa dengan mudah dikudeta dari kursi orang paling ganteng di Sheffield, bahkan di Garut.

Lebih jauh lagi, algoritma pencarian juga bisa sewaktu-waktu berubah, tidak tahu kapan dan bagaimana, dan mungkin saya sebagai orang paling keren di Sheffield dan di Garut bisa dengan mudah lengser dari singgasana komedinya hanya karena perusahaan pemilik mesin pencarian menginginkannya demikian. Begitu pula dengan produk-produk yang saat ini tengah menikmati suasana puncak klasemen pencarian, bisa dengan mudah lengser jika algoritma berubah.

Yang tidak bisa berubah adalah impresi orang terhadap Anda atau produk Anda. Jika Saya memang orang paling keren di Sheffield, dan persepsi orang sudah tercipta demikian, maka bagaimanapun algoritma berubah, saya akan tetap memegang predikat tersebut. Pun juga produk Anda, jika produk bubur bayi milik Anda memang yang paling disukai para bayi, maka konsumen tak akan lagi mencari dengan kata kunci bubur bayi paling enak, tapi mereka akan langsung mencari produk Anda, dan Anda akan dengan mudah berada di halaman pertama.

Perbaiki produk Anda, kuatkan strength-nya, beri kompensasi terhadap weaknessnya, dan siapkan mata Anda terhadap peluang dan ancaman dari luar. Selama algoritma pencarian masih bertahan seperti saat ini, maka anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat produk anda panjat sosial di tangga mesin pencarian.

Eksperimen Berikutnya

Untuk eksperimen pertama ini, saya sengaja membatasi lingkup pencarian dengan kata “di Sheffield” dan "di Garut". Tentu akan lebih bagus jika saya membatasi pencarian dengan kata “di Indonesia” atau malah dengan kata “di Dunia”. Tapi semakin besar lingkupnya, semakin konyol jadinya. Bayangkan, jika saya mengklaim bahwa Jelajah Garut sebagai perusahaan pariwisata paling hebat di dunia, paling nanti diketawain orang. Untungnya, kita bisa memanfaatkan yang konyol-konyol itu untuk keperluan gimik yang komedik, misal, Kopi 76 sebagai kopi paling soleh di dunia karena dilahirkan dari pondok pesantren. Sama-sama bakal diketawain orang, tapi ya memang niatnya bikin ketawa orang, sekaligus memasarkan.

Selain itu, lingkup yang lebih besar juga berarti kolam yang lebih luas dan kompetisi yang lebih banyak. Mungkin sudah ada orang-orang yang memproklamirkan diri sebagai orang paling ganteng di Indonesia atau malah di dunia, dan mungkin orang-orang ini memang kredibel, sehingga kompetisi untuk bisa menduduki kasta tertinggi pencarian akan semakin sulit. Dan memang itu tantangannya.

Tantangan yang lebih besar tentu menawarkan reward yang lebih besar pula. Yah, secara intuitif pun Anda dapat memahaminya. Jika Anda punya produk yang sudah dapat diklaim sebagai yang terbaik di Indonesia, orang-orang akan serta merta mencari produk Anda tersebut. Jika saya bisa mengklaim diri sendiri sebagai orang paling ganteng di Indonesia atau orang paling ganteng di Inggris, tentu orang-orang akan bertanya-tanya, apakah emang ganteng, atau cuma ngibul. Kalau emang ganteng, saya bakal dicari produk-produk perawatan tubuh pria, sementara jika saya cuma ngibul saja, saya bakal dicari-cari orang supaya bisa ngajarin mereka cara ngibul yang baik dan benar.

alternative picture for orang paling ganteng di gaurt
Kapan lagi saya bisa mejeng sok ganteng gini? Tentu ga ganteng-ganteng amat, tapi bisakah jadi orang paling ganteng di Sheffield, masih perlu dibuktikan

Cara (Tidak) Ngibul yang Baik dan Benar

Yah, tentu saya tidak ingin mengajarkan cara ngibul yang baik dan benar. Yang ingin saya kuasai adalah, cara mengomunikasikan suatu produk terbaik, atau produk yang memang sangat bagus, ke media internet, agar bisa tersampaikan kepada setiap orang yang mencari produk serupa dengan kata kunci kualitas tersebut. Yah, jadi sebelum mengklaim sebagai produk terbaik, Anda minimal harus memiliki keyakinan, berdasarkan bukti-bukti nyata, bahwa produk Anda memang produk terbaik.

Jadi artikel ini hanya ingin membuktikan bahwa saya bisa mengomunikasikan premis bahwa saya, Kang Fajrin, adalah orang paling ganteng di Garut; dan sekarang, orang paling ganteng di Sheffield. Tentu tidak seperti itu kenyataannya. Jika Anda ingin mengomunikasikan bahwa produk Anda adalah produk terbaik, setidaknya buktikanlah terlebih dahulu bahwa produk Anda memang demikian adanya.