5 Tips Merawat Jaket Kulit Asli supaya Tahan Lama

5 Tips Merawat Jaket Kulit Asli supaya Tahan Lama

Penggunaan jaket berbahan dasar kulit telah menjadi bagian dari fashion manusia sejak lama. Sehingga tidak perlu heran, jika jaket kulit sering disebut sebagai outfit yang timeless atau tak termakan oleh zaman. Dengan model yang elegan, jaket berbahan kulit tentu akan meningkatkan level kepercayaan diri penggunanya. Walaupun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, Anda harus paham dulu cara merawat jaket kulit asli agar tidak hanya tahan lama, tapi juga semakin gahar semakin lama pemakaian.

Perawatan untuk jaket berbahan dasar kulit asli harus dilakukan secara tepat, agar jaket bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk menjaga jaket kulit tetap awet? Mari simak serta ikuti 5 tips dan cara merawat jaket berbahan dasar kulit asli berikut ini, check this out!

Lihat Juga: Jaket Kulit Custom dari Garut Kulit

Tips Merawat Jaket Kulit Asli

1. Segera bersihkan dari setiap noda

Kulit sapi, kerbau dan domba yang biasa digunakan sebagai bahan dari jaket kulit asli, sebetulnya bukanlah material yang mudah kotor. Namun, alangkah baiknya jika pengguna jaket kulit tidak sembarangan untuk menggunakan pakaiannya tersebut. Sebab, jaket dengan material kulit memiliki perawatan khusus yang sedikit berbeda dan sedikit lebih rumit dibandingkan dengan jaket yang menggunakan bahan lain.

Jika jaket kulit kotor akibat noda, alangkah baiknya segera untuk membersihkan noda yang mengenai jaketnya tersebut. Cara termudah untuk membersihkan jaket kulit dari noda ialah menggunakan handuk basah ataupun spons basah yang telah diberi sabun bayi. Penggunaan material halus seperti handuk dan spons bertujuan agar jaket kulit tidak mudah rusak yang diakibatkan dari lecet. 

Perlu diingat, jika air yang digunakan dalam proses ini tidak boleh dalam keadaan hangat apalagi panas.  Penggunaan cairan kimia keras seperti pemutih dan amoniak juga sangat tidak dianjurkan. Kedua hal ini perlu diterapkan agar jaket kulit bisa awet dan tahan lama.

Jika noda masih sulit dihilangkan menggunakan handuk dan spons basah, penggunaan sikat halus dan pasta gigi bisa diterapkan sebagai alternatif. Dengan syarat, gosokan harus dilakukan secara halus dan pelan.

2. Jangan cuci jaket kulit dengan mesin cuci

Mencuci jaket merupakan cara terakhir yang dilakukan jika noda yang menempel sulit untuk hilang. Pencucian jaket kulit harus dilakukan secara manual menggunakan tangan. Jaket tidak boleh sama sekali direndam ke dalam air apalagi dicuci menggunakan mesin. Pencucian jaket hanya perlu dicelupkan saja, itupun jika diperlukan.

Selain itu, penggunaan cairan pelembut pakaian dalam proses ini juga tidak dianjurkan. Sebab cara tersebut akan membuat tekstur kulit dalam jaket mudah pecah. Oleh karena itu, penggunaan detergen cair sudah dirasa cukup dalam proses ini. Untuk alternatif lain, baking soda, pasta gigi dan alkohol, juga bisa digunakan sebagai pengganti jika tidak ada detergen cair.

Sama seperti dalam proses menghilangkan noda, jaket berbahan kulit juga harus dicuci menggunakan air dingin. Dengan syarat, pencucian jaket dilakukan secara perlahan dan tidak terlalu cepat. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa melakukan pencucian secara detail serta meminimalkan penyerapan air dari serat kulit.

3. Hindari menjemur jaket kulit di bawah sinar matahari

Selepas proses penghilangan noda dan pencucian jaket selesai, maka jaket masuk ke dalam tahapan pengeringan. Dalam tahapan ini, jaket tidak boleh dijemur di bawah terik sinar matahari ataupun dikeringkan menggunakan hair dryer. 

Jaket hanya perlu untuk digantung dalam tempat yang teduh dengan suhu ruagan dan memiliki akses angin, seperti ventilasi. Setelah itu biarkan saja jaket mengering dengan sendirinya. Sebagai alternatif, penggunaan kipas angin juga diperbolehkan dalam proses ini. Hal tersebut bertujuan agar jaket bisa kering secara maksimal.

Hal yang terpenting dalam tahapan ini ialah menjauhkan jaket dari sinar matahari dan menggantung jaket dengan rapi, agar material kulit dalam jaket tidak terkelupas.

Candil Serieus Menggunakan Jaket Kulit Custom dari Garut Kulit
Candil Serieus Menggunakan Jaket Kulit Custom dari Garut Kulit

4. Pastikan jaket tetap kering

Memastikan jaket tetap kering merupakan sebuah keharusan dalam merawat jaket berbahan dasar kulit asli. Sebab, jaket yang lembab atau basah akan membuat jaket mudah rusak karena ditumbuhi oleh jamur. Ciri dari jaket yang berjamur bisa dilihat dari munculnya bercak putih yang sulit dihilangkan. Oleh karena itu, jaket perlu disimpan di tempat kering, digantung secara rapi dan usahakan jaket tidak terlipat.

Jika jaket kulit terlanjur berjamur, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya ialah menggunakan cairan khusus penghilang jamur yang menjadi cara yang paling sering dilakukan. Cairan ini biasanya berupa lotion dan banyak dijual di e-commerce. 

Caranya cukup mudah. Pertama kamu cukup mencampurkan air dan alkohol atau spirtus ke dalam sebuah wadah. Kemudian gunakan sponge pencuci piring untuk untuk menggosok permukaan jaket kulit. Usahakan gosok dengan satu arah agar jaket kulit tidak lecet. Jika jamur masih belum hilang, coba oleskan sedikit minyak kelapa dan gunakan bagian kasar dari sponge untuk menggosoknya.

Setelah semua selesai, olesi permukaan jaket kulit menggunakan sponge yang telah diberi lotion. Perlu diingat jika sponge yang digunakan untuk menggosok jamur menggunakan spirtus dengan sponge yang digunakan untuk mengolesi jaket dengan lotion, merupakan sponge yang berbeda.

Jika proses pengolesan lotion telah selesai, maka tunggu jaket hingga kering. Kemudian gunakan semir ban untuk membuat jaket nampak lebih mengkilat dan makin keren tentunya.

5. Tips untuk menjaga jaket kulit tetap lentur dan tidak keras

Salah satu hal yang sering membuat pengguna jaket kulit kesal ialah ketika jaket mengeras dan tidak lentur lagi. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat jaketmu tetap lentur dan nyaman digunakan. Berikut ini kami sajikan dua di antaranya.

Pertama dengan menggunakan campuran alkohol dan vaseline. Untuk cara ini kamu bisa oleskan sebagian alkohol menggunakan kapas yang kemudian dioleskan pada permukaan jaket kulit. Hal ini dilakukan agar permukaan jaket kulit mengkilat. Setelah itu oleskan vaseline ke permukaan, lalu diamkan hingga mengering dengan rentang waktu semalaman.

Selanjutnya ialah penggunaan conditioner. Cara ini merupakan cara yang paling umum dan paling sering digunakan. Conditioner bisa dioleskan ke permukaan jaket kulit yang dirasa kaku dan mengeras. Lakukan dan lapisi beberapa kali hingga hasil dirasa maksimal. 

Itulah 5 tips dan tahapan merawat jaket kulit asli supaya tetap lentur dan tahan lama. Selain penggunaan vaseline dan conditioner, kamu juga bisa gunakan lotion untuk melenturkan tekstur dari jaket kulitmu. Kunci dalam merawat jaket kulit agar tak gampang rusak dan tahan lama adalah ketekunan.

Untuk menghindari kerusakan jaket kulit dari perubahan tekstur dan warna, maka hindarkan jaket dari semprotan parfum. Sebab, semprotan parfum yang mengandung zat-zat kimia memiliki resiko untuk merusak tekstur dari jaket kulit itu sendiri. Jadi, udah sudah tau kan sekarang?

Author : Syifa

Editor : Kang Fajrin

Share

Published bykangfajrin

Aseli Garut, Social Entrepreneur, Pejalan Kaki, Menulis di Waktu Senggang

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share